Ekosistem Bagian 1

Kelas VII

Mencocokkan mana yang termasuk biotik dan mana yang abiotik

Gambar 1. Ekosistem        |sumber:  4.bp.blogspot.com

 

Kehidupan di alam semesta ini gabungan dan interaksi berbagai komponen mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Berbagai komponen itu dapat berupa makhluk hidup maupun benda mati. Jadi jangan dikira hanya makhluk hidup saja yang berperan dalam kehidupan. Tidak percaya? Kalau kamu tidak menghirup oksigen selama sepuluh menit saja pasti tubuhmu akan lemas. Contoh lain, kamu memerlukan air untuk minum, mandi, dan mencuci. Kamu juga membutuhkan api untuk memasak makanan kesukaanmu.

Masih banyak contoh yang dapat kamu temukan di kehidupan sehari-hari mengenai peran benda mati bagi kelangsungan hidup. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus mulai berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Caranya dengan mengenal dan memahami apa saja yang terkait dengan keseimbangan alam di sekitarmu. Materi berikut ini akan membantu kamu menemukan apa saja yang membentuk ekosistem dan apa perannya.

A.   Tingkat Organisasi dalam Ekosistem

Keberadaan kita dalam suatu lingkungan pasti melakukan interaksi, yakni hubungan keterlibatan antar komponen penyusun ekosistem. Komponen tersebut dapat berupa komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik merupakan makhluk hidup seperti; manusia, hewan dan tumbuhan. Adapun komponen abiotik merupakan bagian/benda yang tidak hidup, seperti; tanah, oksigen, karbon dioksida, udara, suhu, air, cahaya matahari, dan api.


Perhatikan video berikut ini:


Diunduh dari youtube.com



Pada saat hewan memakan tumbuhan, atau hewan memakan hewan lainnya terjadi interaksi antar komponen biotik. Ketika tumbuhan menyerap air dan sinar matahari terjadi interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Ikan memakan hewan air yang sangat kecil (mikoroorganisme) dan memerlukan media air untuk hidupnya. Tanpa air ikan akan mati. Contoh ini menunjukkan interaksi yang kompleks antara biotik dengan biotik, sekaligus biotik dengan abiotik.

Latihan 1. Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik

Perhatikan gambar berikut ini:

 

Gambar 2. Padang Rumput     |sumber: savannen.com

 


Identifikasi yang telah kamu lakukan menunjukkan adanya beberapa jenis makhluk hidup yang mendiami sebuah ekosistem. Dari gambar tersebut terlihat ada hewan yang jumlahnya hanya satu, yakni jerapah. Ada juga yang lebih dari dua, kawanan zebra, kawanan wildebeast, rerumputan, dan pepohonan. Jumlah itu menunjukkan adanya satuan-satuan makhluk hidup pada ekosistem yang menyerupai tingkatan-tingkatan.

1. Individu

Pada suatu ekosistem akan ditemukan beberapa jenis makhluk hidup. Misalnya kamu menemukan seekor kupu-kupu pada setangkai bunga. Jumlah dengan sebutan itu menunjukkan satu makhluk hidup sejenis yang berjumlah tunggal disebut individu. Kata individu berasal dari bahasa Latin individuum yang artinya tidak dapat dibagi.

2. Populasi

Gambar 3. Populasi serigala di gunung      |sumber: www.eniscuola.net

 

Individu yang berkumpul akan membentuk kelompok yang sejenis yang berada pada suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu yang bersamaan. Kelompok ini disebut populasi. Contohnya empat ekor serigala di gunung, kawanan antelop di padang rumput. Lima ekor ayam di pekarangan. Sifat populasi adalah adanya kepadatan populasi dan perubahan jumlah populasi dari waktu ke waktu.

a.  Kepadatan Populasi

Dapat diartikan sebagai jumlah individu makhluk hidup sejenis per satuan luas tempat yang dihuninya pada waktu tertentu. Kepadatan populasi mencerminkan tingkat keseimbangan jumlah makhluk hidup pada suatu wilayah ekosistem. Kepadatan populasi dapat dihitung dengan membandingkan jumlah individu dengan luas tempat yang dihuni. Misalnya di sebuah pekarangan yang luasnya 400m2 terdapat 5 pohon rambutan,  40 ekor ayam, dan 10 ekor kambing. Maka kepadatan ketiga populasi tersebut dapat dihitung sebagai berikut :

1). Kepadatan populasi pohon rambutan = 5 pohon  400m2  = 1 pohon  80m2

Artinya dalam setiap 80m2 terdapat 1 pohon rambutan.

 

2). Kepadatan populasi ayam = 40 ayam 400m2  = 1 ayam 10m2

Artinya dalam setiap 10m2 terdapat 1 ekor ayam.

 

3). Kepadatan populasi kambing = 10 kambing 400m2  = 1 kambing 40m2

Artinya dalam setiap 40m2 terdapat 1 ekor kambing.

 

Semakin luas tempat yang tersedia bagi individu dalam sebuah ekosistem menunjukkan tingkat kepadatan populasi yang rendah. Sebaliknya semakin sempit tempat yang tersedia menunjukkan tingkat kepadatan populasi yang tinggi.

Klik tautan di bawah ini untuk mengerjakan latihan 1

Klik tautan di bawah ini untuk mengerjakan latihan 2